Kegiatan Mentor UPT-THQ di Sumedang

Unit Pelaksana Teknis Tahsin dan Hifzhil Quran (UPT-THQ) STAI Persis Garut kembali menerjunkan mentornya dalam kegiatan Camp Tahfizh yang diadakan oleh Ma’had Aly Al-Asma Persatuan Islam, Sumedang. Kegiatan Camp Tahfizh tersebut berlangsung selama dua pekan, yaitu sejak tanggal 1 s.d. 14 Agustus 2022, dan bertempat di Villa Abah Ukat, Sumedang.

Peserta Camp Tahfizh ini dikhususkan bagi para mahasantri baru Ma’had Aly Al-Asma tahun ajaran 2022, yang keseluruhannya berjumlah 20 orang. Dalam kegiatan Camp Tahfizh ini, para mahasantri baru diasingkan selama ± 2 pekan dengan sistem karantina. Di kegiatan ini  diberikan pengarahan dan bimbingan tahfizh guna mencapai target hafalan Al-Quran yang telah ditentukan. Peserta pun diberikan pengajaran tahsin Al-Quran beserta praktiknya secara intens.

Mentor pilihan yang diterjunkan UPTTHQ dalam kegiatan ini ialah Ismail Ash-Shiddik, mahasiswa prodi Ilmu Alquran dan Tafsir (IAT) semester dua yang telah menduduki predikat mentor muda di UPT-THQ. Pelatihan yang beliau lakukan fokus pada pengajaran teori dan praktik. Teknis pengajaran teori dilakukan terbuka sebagaimana kajian umum, sedang pengajaran praktiknya menggunakan sistem talaqqi dan pembagian halaqoh.

Dengan diselenggarakannya kegiatan Camp Tahfizh ini, diharapkan para mahasantri baru Ma’had Aly Al-Asma dapat lebih mudah menghafal beberapa Al-Quran. Capaian hafalan ini disamping mutqin juga mengetahui metode atau teknik menghafalnya. Tidak lupa, para mahasiswa memahami teori Tahsin dan dapat mengaplikasikannya dalam bacaan Al Quran secara baik dan benar. (Fitri)