Pembinaan UPT-THQ di Burungayun

Menenuhi kebutuhan masyarakat terhadap pengajaran tahsin Al-Quran, Unit Pelaksana Teknis Tahsin dan Hifzhil Quran (UPT-THQ) STAI Persis Garut mengutus dua orang mentor terbaiknya pada acara Pelatihan Tahsin Guru Taman Kanak-kanak (TK). Acara dilaksanakan di TK Al-Marjan, Kp. Burungayun, Des. Sukakarya, Kec. Banyuresmi, Kab. Garut, selama 2 hari berturut-turut, yaitu hari Sabtu dan Ahad (20-21/08/2022).

Dua orang mentor yang diutus UPT-THQ untuk mengisi pelatihan tahsin guru TK tersebut yaitu Nita Puspitasari, mahasiswa prodi Ilmu Alquran dan Tafsir semester 4; dan Ernawati, mahasiswa prodi Ilmu Hadits semester akhir. Keduanya merupakan mentor UPT-THQ yang telah mencapai tingkatan mentor muda. Selain itu, Kepala Mentor UPT-THQ sendiri, Hasan Anshori, M.Pd., juga turut terlibat dan mengisi materi di pembukaan pelatihan tersebut.

Guru-guru TK yang mengikuti pelatihan tahsin tersebut berjumlah 10 orang. Mereka adalah tenaga pengajar di TK Al-Marjan. Acara pelatihan berlangsung sejak pukul 08.00 WIB hingga pukul 16.00 WIB setiap harinya.

Menurut Ernawati, isi materi dari pelatihan tahsin tersebut mencakup teori dan praktik. Peserta tidak hanya dibekali teori-teori tajwid namun juga praktik secara langsung. Beberapa kalimat dan ayat-ayat Al-Quran dibaca agar tepat penerapannya.

Dengan demikian pelatihan ini sangat strategis sekali. Para guru TK yang ikut dapat melatih dan membimbing anak didiknya membaca ayat Al-Quran dengan baik dan benar sejak usia dini. Selain itu, pihak TK Al-Marjan juga berharap hubungan komunikasi dengan UPT-THQ STAI Persis Garut ini dapat terus berlanjut dengan baik. Hal ini dalam rangka menjaga silaturahmi serta meningkatkan syi’ar dakwah dan pengajaran Al-Quran yang dibutuhkan umat. (Fitri)