Sosialisasi Program UPT-THQ di Maruf 2023

Unit Pelaksana Teknis dan Hifzhil Quran (UPT-THQ) melaksanakan sosialisasi program kepada segenap mahasiswa baru STAI Persis Garut Tahun Akademik 2023 pada acara Ma’ruf. Sosialisasi tersebut dilaksanakan pada hari kedua pelaksanaan Ma’ruf, tanggal 19 September 2023.

Sosialisasi ini diisi langsung oleh Ketua UPT-THQ yaitu Dr. Yusup Tajri, M.Pd. Adapun peserta yang hadir sekitar 200 orang. Dalam sosialisasi tersebut Dr. Yusuf menjelaskan berbagai informasi mengenai alur dan program UPTTHQ.

Sebagai lembaga kampus yang berfungsi untuk menunjang tercapainya target kemampuan tahsin dan tahfizh yang optimal dan mumpuni, UPTTHQ menyediakan 4 program utama. Program tersebut adalah bimbingan tahsin, bimbingan tahfizh, bimbingan mentor dan bimbingan mujawwad.

Khusus untuk program bimbingan tahsin dan tahfizh terbagi lagi kepada beberapa jenis pembinaan. Untuk program bimbingan tahsin ada jenis pembinaan reguler yang dilaksanakan intensif tiap pekan dalam semester berjalan; ada jenis paket yang dilaksanakan pada masa jeda perkuliahan/libur; dan jenis Khusus yang disesuaikan dengan keadaan calon binaan.

Adapun untuk program bimbingan tahfizh ada jenis pembinaan reguler seperti dalam bimbingan tahsin; ada jenis ujian langsung; serta ada pula jenis karantina bagi mahasiswa yang ingin dan siap menyelesaikan hafalannya 30 juz.

Selain memberikan bimbingan terhadap mahasiswa secara umum, UPT-THQ juga mengarahkan program bimbingan kepada mentor yang bertugas sebagai teknisi dalam pelaksanaan bimbingan tahsin dan tahfizh. Sementara ini mentor yang terdaftar di UPT-THQ berjumlah 31 orang yang terdiri dari mahasiswa dan alumni. Bimbingan mentor ini bertujuan untuk melatih dan meningkatkan kapasitas mentor yang profesional dan berkualitas.

Adapun alur pelaksanaan program yang dirancang UPT-THQ yaitu dimulai dari pendaftaran, pembagian kelompok, masa pembinaan, ujian, kemudian pembagian sertifikat. Untuk melakukan pendaftaran tersebut, mahasiswa diarahkan untuk membayar biaya administrasi sesuai nominal yang telah ditentukan.

Mengingat sosialisasi UPTTHQ sangat penting demi keberlangsungan program dan terpenuhinya kebutuhan tahsin dan tahfizh mahasiswa, adanya ruang bagi UPT-THQ untuk melakukan sosialisasi dalam acara Ma’ruf mahasiswa baru tahun 2023 ini mendapatkan apresiasi tersendiri dari Ketua UPT-THQ. Terlebih tahun ini adalah tahun perdana UPT-THQ bisa melaksanakan sosialisasi secara langsung kepada seluruh mahasiswa baru secara serentak.

“Saya sangat berterima kasih kepada Panitia Ma’ruf yang telah memberi ruang UPT-THQ mensosialisasikan program. Baru kali ini UPT-THQ mendapat kesempatan melakukan sosialisasi program secara langsung kepada mahasiswa baru dalam acara Maruf,” tutur Dr. Yusup. (Fitri)