UPT-THQ Penuhi Undangan Pesantren Tarogong

UPTTHQ – Memenuhi permohonan dari Pesantren Persis Tarogong. UPTHQ STAI Persis Garut mengirimkan 2 orang mentor terbaiknya untuk menjadi penguji dalam kegiatan ujian Tahsin dan Hifzhul Quran (THQ) Asatidz Pesantren Persis Tarogong pada hari Kamis (14/04/2022). Ujian tersebut bertempat di Pesantren Persis Tarogong pada pukul 09.00 s.d.  13.00 WIB.

Dalam pengujian tersebut, mentor UPTTHQ diberi tugas untuk menjadi penguji bagi asatidz perempuan (asatidzah) saja. Adapun mentor yang diberangkatkan tesebut ialah Sri Halimah, mahasiswa Ilmu Alquran dan Tafsir semester 8; dan Wahdah Syari’ati, mahasiswa Pendidikan Agama Islam yang juga sedang menempuh perkuliahan semester akhir. Keduanya adalah mentor yang telah teruji dan memiliki predikat master di lembaga UPTTHQ.

Menurut penuturan Sri Halimah, ujian tersebut diselenggarakan untuk memaksimalkan kualitas Tahsin dan hafalan Al-Quran para ustadz/ah Pesantren Persis Tarogong. Selain itu, ujian tersebut dilaksanakan dalam rangka persiapan menghadapi sertifikasi asatidz Pesantren Persis Tarogong mendatang.

Asatidzah yang diuji dalam kegiatan tersebut berjumlah kurang lebih 41 orang, yang terdiri dari asatidzah THQ SDIT, Tsanawiyah dan ‘Aliyah. Hafalan Al-Quran yang diujikan terbagi kepada 2 kategori, yaitu kategori 2 juz dan 4 juz Al-Quran. Pembagian tersebut disesuaikan dengan kadar hafalan masing-masing. Pengujian hafalan tersebut juga disertai dengan ujian kemahiran tahsin bacaannya. Adapun penyusunan soal, ketentuan dan teknis ujian seluruhnya ditentukan oleh lembaga THQ pesantren.

Harapannya dalam pelaksanaan ujian tersebut, peran dari UPTTHQ dapat ikut membantu meningkatkan kualitas bacaan dan hafalan Al-Quran asatidz Pesantren Persis Tarogong. Sehingga dengan itu diharapkan UPTTHQ tidak hanya ikut membantu keberhasilan pelaksanaan sertifikasi, namun juga turut membantu memaksimalkan proses pengajaran terhadap santriwan dan santriwati Pesantren Persis Tarogong agar dapat melahirkan generasi Al-Quran yang diharapkan. (Fitri Nurlaely Sakinah, mentor UPT-THQ)

Leave a Reply

Your email address will not be published.