Pembinaan Tahsin 2023 Gelombang 1

UPT-THQ STAIPI Garut – Pembinaan tahsin kembali dilaksanakan Unit Pelaksana Teknis Tahsin & Hifzhil Quran (UPT–THQ) pada tanggal 19 Februari hingga 2 Maret 2023. Pelaksanaan pembinaan tahsin kali ini berbentuk paket. Materi tahsin dipadatkan selama 2 pekan di masa libur semester perkuliahan.

Materi tahsin yang dipelajari pada pembinaan tersebut mencakup 4 level tahsin, dengan jadwal yang telah diatur oleh UPTTHQ. Pembagian jadwalnya yaitu level 1 pada tanggal 19-21 Februari; level 2 pada tanggal 21-23 Februari; level 3 pada tanggal 26-38 Februari; dan level 4 pada tanggal 28 Februari – 2 Maret.

Secara khusus, pembinaan tersebut terbuka untuk mahasiswa tingkat awal. Namun demikian, ada pula mahasiswa tingkat atas yang mengikuti pembinaan untuk melanjutkan atau menyempurnakan materi level tahsin yang dipelajarinya. Pemadatan jadwal dan materi yang diterapkan dalam pembinaan tersebut bertujuan untuk memudahkan mahasiswa menyelesaikan target tahsinnya lebih awal.

“Program paket ini lebih mempermudah dan mempersiapkan bagi mahasiswa, terutama yang baru. Agar mereka dapat menyelesaikan berbagai tugas, termasuk ketentuan tuntas tahsin dan tahfizh, sejak dini atau dari sekarang.” tutur Kepala UPTTHQ, Dr. Yusup Tajri, M.Pd. Program Paket ini tentunya awal program Pembinaan di Tahun 2023. Setelah program ini akan digulirkan pembinaan dengan sistem lain sebagaimana pula sudah berjalan.

Adapun mentor utama yang diterjunkan berjumlah 3 orang, yaitu Ismail Asshidik, Fatia Silma Nurussilah dan Natasya Hasna Nurrifda. Selain mentor utama tersebut, ada pula beberapa mentor lain yang membantu sebagai cadangan apabila mentor utama berhalangan atau ada hal lain yang diperlukan. (Fitri)